Pages

Minggu, 15 Januari 2012

Apakah Setiap Grup Idola Mempunyai Figur “Pusat”

Apakah grup idola benar-benar memiliki figur  ”pusat” ?
Selalu ada rumor grup idola memiliki “peringkat” tertentu di antara anggota, tapi kita tidak pernah bisa mengkonfirmasikannya. Namun menurut laporan terbaru oleh Osen, grup idola memiliki anggota “pusat” , meskipun dlm praktek mereka semakin berusaha untuk menyingkirkannya.
Baru-baru ini, Hwang Jung Eum menggunakan kata “pusat” untuk menggambarkan posisinya yg mrpkn mantan idol grup di kelompok Sugar. Istilah “pusat” diduga diberikan kepada anggota utama dari setiap grup idola. Tidak seperti pemimpin grup yang berkomunikasi paling banyak dengan anggota kelompok dan manajemen, anggota “pusat” adalah anggota yang paling aktif mempromosikan dan pertama kali datang ke pikiran saat kelompok disebutkan.
Dari awal hingga pertengahan tahun 2000-an, masing-masing grup idola jelas memiliki tokoh sentral. Agensi akan memilih anggota yang akan paling menarik bagi para fans (yaitu paling populer) dan ditempatkanlah anggota yang berada di pusat untuk melakukan semua kegiatan promosi, memberikan sorotan yang paling banyak. Ini adalah sebuah aturan perusahaan di antara grup idola yang bahkan untuk pemotretan kecil, anggota “pusat” akan selalu mencari posisi di tengah.
Strategi ini jelas menempatkan sebagian besar perhatian pada anggota “pusat” tersebut. Ketika di sebuah acara, penyiar akan menuntut anggota “pusat” ini untuk hadir, bahkan jika orang lain tidak dapat membuatnya, anggota “pusat” ini akan terkena lebih banyak untuk para penggemar. Tentu saja, ada juga kesempatan di mana anggota lain tiba-tiba akan bangkit menjadi bintang, mengambil alih posisi asli anggota “pusat”.
Oleh karena itu, seringkali menyebabkan banyak efek samping. Kelompok ini harus sangat bergantung pada anggota “pusat” dan banyak ketegangan antara anggota yang berkembang, yang akhirnya mengarah ke pembubaran kelompok.
Itulah mengapa baru-baru ini grup idola semakin banyak yang mencoba untuk menyingkirkan strategi anggota “pusat”. Banyak grup2 idola yang sekarang berputar posisi tengah, dan casting2 untuk acara drama atau variety show juga sama-sama menyebar. Sebuah girl group tertentu bahkan membiarkan anggota2 lainnya yang populer untuk beristirahat karena terlalu banyak sorotan sedang dimasukkan pada dirinya. Itu adalah sesuatu yang kita belumlihat di masa lalu. Jika seorang anggota tertentu mendapat perhatian besar dan popularitas, maka anggota tersebut biasanya akan dipaksa untuk menjalankan promosi lebih banyak untuk memaksimalkan keuntungan.
Seorang ahli industri mengatakan, “Di masa lalu, beberapa kelompok melihat perbedaan besar diantara biaya penampilan anggota mereka. Jika anggota ‘pusat’ ini pindah ke agensi lain, maka kelompok akan berakhir. Jika kamu fokus pada pada satu anggota, kamu mungkin bisa membuat lebih banyak uang sekarang, tapi grup secara keseluruhan tidak akan berakhir terlalu panjang. Untuk grup yang (ingin) memiliki karir yang panjang, maka penting untuk sama2 merawat tiap member.”
Dia menambahkan, “Jika kalian hanya mempublikasikan satu, member “pusat” maka fans dengan mudah kehilangan ketertarikan dalam grup secara keseluruhan. Akhir2 ini kita melihat setiap member2 grup memiliki keterampilan musik yang luar biasa dan tampan, jadi ini penting untuk fokus pada kepribadian unik tiap member dan sama2 mengembangkan popularitas mereka.”

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text